Senin, 14 Januari 2013

"Cute Cupcake"


Saat ini tentu saja …tidak ada  yang tidak   mengenal Cupcake….. adalah cake  atau kue mungil didalam berbagai  mangkuk  berlapis kertas  dengan berbagai hiasan yang  menggoda selera.

Cupcake adalah tak lebih kue yang dikenal sebaga bolu yang berbahan dasar mentega, gula, telur,  dan terigu, yang kemudian diberikan toping dengan berbagai variasi dan bentuk mulai dari berbahan  Butter Cream, Whipp Cream, Frosting, Cooking  Chocolatte, Fondan, dan Edible Image .
Ingin tahu tentang Cupcake tidak lepas rasanya  mengenal  asal usulnya..yang sepertihalnya “Brownies” dikenal sebagai “Kue Bantat” asal Paman Sam demikian pula dengan Cupcake..yang juga berasal dari sana.
Cupcake berkembang di Amerika  konon pada abad 19, dijuluki demikian karena bahan-bahan yang dipergunakan lazimnya ditakar dalam ukuran “CUP” atau mangkuk bukan ditimbang sepertihalnya saat ini. Selanjutnya tradisi ini berkembang menjadi kebiasaan  , dan cupcake sering pula disebut sebagai “kue angka” karena takaran pengukurnya sangat mudah dingat yaitu menggunakan perbandingan angka  tertentu dalam adonannya seperti satu mangkuk mentega ditambah dengan 2 mangkuk gula dan 3 mangkuk tepung..dan seterusnya, lalu orang-orang mulai  membuat cetakan cupcake dibuat dalam wadah kaleng yang disebut “Muffin Tins” dan popular diabad ke 20. (Sumber : Dhitta Kalyani dalam artikel “Berkenalan dengan si cantik Cupcake”)
Perkembangan Cupcake tidak hanya sekedar perubahan nama saja tapi sudah mulai terjadi variasi komposisi  bahan baku, ukuran, bentuk, toping,  serta tujuan pemakaian.    Orang berpikir ..tidak hanya bentuk, rasa, dan hiasan..tapi juga kepraktisan ..dengan  tidak lagi memotong-motong  kue besar  seperti halnya cake dalam berbagai pesta.
Beberapa waktu lalu saya tidak terlalu memperhatikan perkembangan Cupcake ..saya berpikir seperti lazimnya perkembangan dunia kuliner di Indonesia yang dipengaruhi banyak hal…trend  penjualan Cupcake di Indonesia yang mulai berkembang 2  atau 3 tahun belakangan ini salah satu pengaruhnya adalah adanya salah satu atau  dua “milis dunia masak” yang cukup terkenal, dimana  semua anggotanya yang saya tahu hampir mempunyai kemiripan kreasi dan usaha  dalam dunia “Cake & Bakery” itu.  Sampai  bulan lalu ketika saya dalam perjalanan pulang dari kantor saat posisi mengendarai kendaraan ,  seperti biasa saya memutar siaran Radio yang  selalu khusus menyiarkan  “VOA”.     Tentu saja berita dan informasi dari VOA yang saya suka adalah berita sederhana tapi unik dan menarik..dimana saat itu topiknya sedang mengulas  usaha Cupcake yang lagi trend dan ngetop di USA sana.  Ulasan itu saya pikir hanyalah memberitakan  usaha orang Indonesia disana  , tapi ternyata lebih dari itu , yaitu bahwasanya Cupcake adalah kue kecil yang lagi booming dihampir seluruh penjuru  Amerika..kira-kira mulai tahun 2006..dan berkembang pesat dimana-mana saat Amerika mengalami krisis.
Cupcake di Amerika sana salah satu kue paling  favorit diantara tiga kue manis lainnya yaitu Donat dan Macaroon, serta yang dulu hanya digemari anak kecil..saat ini orang dewasapun sampai mengantre untuk mendapatkannya.  Bahkan disana penjualan Cupcake tidak hanya terbatas pada  Toko Kue/Bakery, atau Supermarket  tetapi juga dijual dengan mobil  bahkan truk. Selain itu Cupcake mulai dinikmati sebagai sarapan sampai  sebagai  “Kue” dengan berbagai tujuan sesuai pesanan dari si pembeli …mulai dari kebutuhan  Cake Ulang Tahun sampai dengan Cake Natal atau kebutuhan pesta lainya.   Bahkan saking ngetopnya …”si cake kecil itu” ..seorang maha bintang Holliwood seperti Tom Cruise & Kati Holmes sampai  terekspos hanya gara-gara memesan “Cupcake” untuk kebutuhan ulang tahun anaknya.
Lalu..bagaimana dengan perkembangan Cupcake diluar  Amerika???   Tentu anda tak pernah mengira….begitu hebohnya si Cupcake  ini….sampai-sampai di Glasgow sana, sebuah perusahaan perhiasan berlian Skotlandia bekerjasama  dengan sebuah toko kue di  Glasgow untuk membuat Cupcake termahal didunia seharga £ 100.000…..ckckck..hebat bukan…tentunya anda akan sulit membayangkan apakah kue ini bisa dimakan atau sekedar hiasan ya??!..
Jikalau anda…iseng-iseng membuka jejaring social Facebook  ..tentu..anda bisa melihat betapa banyaknya  Grup tentang  ”Cupcake” diseluruh dunia..yang tentu saja ratusan jumlahnya ! Belum lagi ratusan jumlah lainnya berkaitan dengan halaman profil “Cupcake”.
Bagaimana dengan Indonesia??!…tentu saja perkembangan Cupcake  di Indonesia…saya yakin  juga dipengaruhi sangat besar dengan trend  dan boomingnya kue itu di Amerika sana!    Tentu semua orang sudah mahfum apapun yang menjadi trend di Negara Maju…menjadi trend pula di..negera berkembang bukan! Selain tentu  saja perkembangan usaha Cupcake di Indonesia juga didorong  berkembangnya komunitas “Cooking & Culinaire “ di media internet yang berkembang pesat .    Saya mengenal betul rekan-rekan milis yang membuka usaha lewat pemasaran online “Cupcake” mulai dari  sambilan usaha rumahan  diluar pekerjaan utama sampai  ada yang berhenti bekerja untuk membesarkan bisnis ini.    Belum lagi berkembangnya “Bakery & Cake Shop” besar maupun kecil yang menawarkan  si Cupcake ini.
Seperti halnya di Amerika sana…para produsen Cupcake disini juga mulai berani  menawarkannya untuk segala kebutuhan pesta atau acara …mulai dari Cake Ulang Tahun, Cake Pernikahan, Cake kebutuhan Natal, Hari Raya Idul Fitri, bahkan Imlek….dan yang lebih mengaggumkan lagi berbagai tema dan hiasan yang dimunculkan sangatlah artistik dan kreatif…bahkan lebih menarik secara seni dibandingkan  negeri asalnya sana… sehingga…kalau dilihat sayang sekali untuk dimakan.   Variasi tampilan  Cupcake dengan berbagai  hiasan  dari yang nyentrik sampai  bernuansa seni rupa kreatif bahkan ada yang mamasukan unsur-unsur seni ala Indonesia , hal ini dimungkinkan di Indonesia  mempunyai basic  “ketrampilan seni” yang baik dibanding tempat lain…sehingga jangan heran..sebagai contoh anda bisa melihat tampilan “Wedding Cake” yang indah, kreatif, inovatif dan mengguggah orang  lebih  dari sekedar memakannya.  Tampilan berbagai rupa Cupcake dalam satu rak bersusun atau nampan bertingkat..memang lebih menarik  jika dipandang mata dibandingkan jika melihat “Wedding Cake” besar dan bertingkat dengan  dengan tampilan  rupa yang sama setiap susunnya.
Tentu saja peluang baru …yang masih luas ini,  bermunculan pula diberbagai kota besar di Indonesia…lihat saja “Bakery & Cake Shop” yang beralih ke usaha ini..juga berkembang pula wirausahawan baru..yang umumnya…melakukan dengan pemasaran online.
Ternyata Cupcake..bukan hanya sekedar kue kecil yang manis…tapi….perjalanan kulinernya…yang global..membuat trend..dan pengaruh baru…bahkan  ….tidak hanya terasa menarik..manis dan enak…..tapi semoga pula  berdampak pada peningkatan  ekonomi  bagi  pelaku produsen Cupcake!  Semoga …dan Selalu…….ada hal yang positif.

Sumber:

0 komentar:

Poskan Komentar