Saat ini tentu saja …tidak ada yang tidak mengenal Cupcake….. adalah cake atau kue mungil didalam berbagai mangkuk berlapis kertas dengan berbagai hiasan yang menggoda selera.
Cupcake adalah tak lebih kue yang dikenal sebaga bolu yang berbahan dasar mentega, gula, telur, dan terigu, yang kemudian diberikan toping dengan berbagai variasi dan bentuk mulai dari berbahan Butter Cream, Whipp Cream, Frosting, Cooking Chocolatte, Fondan, dan Edible Image .
Ingin tahu tentang Cupcake tidak lepas rasanya mengenal asal usulnya..yang sepertihalnya “Brownies” dikenal sebagai “Kue Bantat” asal Paman Sam demikian pula dengan Cupcake..yang juga berasal dari sana.
Cupcake berkembang di Amerika konon pada abad 19, dijuluki demikian karena bahan-bahan yang dipergunakan lazimnya ditakar dalam ukuran “CUP” atau mangkuk bukan ditimbang sepertihalnya saat ini. Selanjutnya tradisi ini berkembang menjadi kebiasaan , dan cupcake sering pula disebut sebagai “kue angka” karena takaran pengukurnya sangat mudah dingat yaitu menggunakan perbandingan angka tertentu dalam adonannya seperti satu mangkuk mentega ditambah dengan 2 mangkuk gula dan 3 mangkuk tepung..dan seterusnya, lalu orang-orang mulai membuat cetakan cupcake dibuat dalam wadah kaleng yang disebut “Muffin Tins” dan popular diabad ke 20. (Sumber : Dhitta Kalyani dalam artikel “Berkenalan dengan si cantik Cupcake”)
Perkembangan Cupcake tidak hanya sekedar perubahan nama saja tapi sudah mulai terjadi variasi komposisi bahan baku, ukuran, bentuk, toping, serta tujuan pemakaian. Orang berpikir ..tidak hanya bentuk, rasa, dan hiasan..tapi juga kepraktisan ..dengan tidak lagi memotong-motong kue besar seperti halnya cake dalam berbagai pesta.
Beberapa waktu lalu saya tidak terlalu memperhatikan perkembangan Cupcake ..saya berpikir seperti lazimnya perkembangan dunia kuliner di Indonesia yang dipengaruhi banyak hal…trend penjualan Cupcake di Indonesia yang mulai berkembang 2 atau 3 tahun belakangan ini salah satu pengaruhnya adalah adanya salah satu atau dua “milis dunia masak” yang cukup terkenal, dimana semua anggotanya yang saya tahu hampir mempunyai kemiripan kreasi dan usaha dalam dunia “Cake & Bakery” itu. Sampai bulan lalu ketika saya dalam perjalanan pulang dari kantor saat posisi mengendarai kendaraan , seperti biasa saya memutar siaran Radio yang selalu khusus menyiarkan “VOA”. Tentu saja berita dan informasi dari VOA yang saya suka adalah berita sederhana tapi unik dan menarik..dimana saat itu topiknya sedang mengulas usaha Cupcake yang lagi trend dan ngetop di USA sana. Ulasan itu saya pikir hanyalah memberitakan usaha orang Indonesia disana , tapi ternyata lebih dari itu , yaitu bahwasanya Cupcake adalah kue kecil yang lagi booming dihampir seluruh penjuru Amerika..kira-kira mulai tahun 2006..dan berkembang pesat dimana-mana saat Amerika mengalami krisis.
Cupcake di Amerika sana salah satu kue paling favorit diantara tiga kue manis lainnya yaitu Donat dan Macaroon, serta yang dulu hanya digemari anak kecil..saat ini orang dewasapun sampai mengantre untuk mendapatkannya. Bahkan disana penjualan Cupcake tidak hanya terbatas pada Toko Kue/Bakery, atau Supermarket tetapi juga dijual dengan mobil bahkan truk. Selain itu Cupcake mulai dinikmati sebagai sarapan sampai sebagai “Kue” dengan berbagai tujuan sesuai pesanan dari si pembeli …mulai dari kebutuhan Cake Ulang Tahun sampai dengan Cake Natal atau kebutuhan pesta lainya. Bahkan saking ngetopnya …”si cake kecil itu” ..seorang maha bintang Holliwood seperti Tom Cruise & Kati Holmes sampai terekspos hanya gara-gara memesan “Cupcake” untuk kebutuhan ulang tahun anaknya.
Lalu..bagaimana dengan perkembangan Cupcake diluar Amerika??? Tentu anda tak pernah mengira….begitu hebohnya si Cupcake ini….sampai-sampai di Glasgow sana, sebuah perusahaan perhiasan berlian Skotlandia bekerjasama dengan sebuah toko kue di Glasgow untuk membuat Cupcake termahal didunia seharga £ 100.000…..ckckck..hebat bukan…tentunya anda akan sulit membayangkan apakah kue ini bisa dimakan atau sekedar hiasan ya??!..
Jikalau anda…iseng-iseng membuka jejaring social Facebook ..tentu..anda bisa melihat betapa banyaknya Grup tentang ”Cupcake” diseluruh dunia..yang tentu saja ratusan jumlahnya ! Belum lagi ratusan jumlah lainnya berkaitan dengan halaman profil “Cupcake”.
Bagaimana dengan Indonesia??!…tentu saja perkembangan Cupcake di Indonesia…saya yakin juga dipengaruhi sangat besar dengan trend dan boomingnya kue itu di Amerika sana! Tentu semua orang sudah mahfum apapun yang menjadi trend di Negara Maju…menjadi trend pula di..negera berkembang bukan! Selain tentu saja perkembangan usaha Cupcake di Indonesia juga didorong berkembangnya komunitas “Cooking & Culinaire “ di media internet yang berkembang pesat . Saya mengenal betul rekan-rekan milis yang membuka usaha lewat pemasaran online “Cupcake” mulai dari sambilan usaha rumahan diluar pekerjaan utama sampai ada yang berhenti bekerja untuk membesarkan bisnis ini. Belum lagi berkembangnya “Bakery & Cake Shop” besar maupun kecil yang menawarkan si Cupcake ini.
Seperti halnya di Amerika sana…para produsen Cupcake disini juga mulai berani menawarkannya untuk segala kebutuhan pesta atau acara …mulai dari Cake Ulang Tahun, Cake Pernikahan, Cake kebutuhan Natal, Hari Raya Idul Fitri, bahkan Imlek….dan yang lebih mengaggumkan lagi berbagai tema dan hiasan yang dimunculkan sangatlah artistik dan kreatif…bahkan lebih menarik secara seni dibandingkan negeri asalnya sana… sehingga…kalau dilihat sayang sekali untuk dimakan. Variasi tampilan Cupcake dengan berbagai hiasan dari yang nyentrik sampai bernuansa seni rupa kreatif bahkan ada yang mamasukan unsur-unsur seni ala Indonesia , hal ini dimungkinkan di Indonesia mempunyai basic “ketrampilan seni” yang baik dibanding tempat lain…sehingga jangan heran..sebagai contoh anda bisa melihat tampilan “Wedding Cake” yang indah, kreatif, inovatif dan mengguggah orang lebih dari sekedar memakannya. Tampilan berbagai rupa Cupcake dalam satu rak bersusun atau nampan bertingkat..memang lebih menarik jika dipandang mata dibandingkan jika melihat “Wedding Cake” besar dan bertingkat dengan dengan tampilan rupa yang sama setiap susunnya.
Tentu saja peluang baru …yang masih luas ini, bermunculan pula diberbagai kota besar di Indonesia…lihat saja “Bakery & Cake Shop” yang beralih ke usaha ini..juga berkembang pula wirausahawan baru..yang umumnya…melakukan dengan pemasaran online.
Ternyata Cupcake..bukan hanya sekedar kue kecil yang manis…tapi….perjalanan kulinernya…yang global..membuat trend..dan pengaruh baru…bahkan ….tidak hanya terasa menarik..manis dan enak…..tapi semoga pula berdampak pada peningkatan ekonomi bagi pelaku produsen Cupcake! Semoga …dan Selalu…….ada hal yang positif.
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar